rumah ramah lingkungan

Rumah anda sekarang mulai menjadi Zona Hijau, misalnya selama 25 tahun belakangan, AC dan kulkas mulai menggunakan daya sebesar dua per tiga dari daya yang dulu digunakan, mesin cuci sudah turun sampai setengahnya, dan penggunaan kayu juga mulai turun sampe tinggal dua pertiganya, dan toilet mulai mengurangi jumlah konsumsi airnya sampai setengahnya jika dibandingkan dengan pada tahun 1970an.

Rumah Ramah lingkungan.

Jika rumah anda menggunakan lampu Neon yang kecil (neon bohlam), maka anda mengurangi polusi dalam jumlah besar. Di Amerika dikatakan bahwa dengan mengganti satu lampu saja di rumah dengan lampu ini, maka dikatakan bahwa emisi yang ada sudah mengurangi satu juta mobil dari jalanan. Tidak sadarkan betapa anda sudah membantu lingkungan hanya dengan satu cara sederhana seperti itu? Jika anda takut bahwa rumah ramah lingkungan sama sekali tidak mewah, anda salah, bahkan bisa tampil sangat mewah. Rumah yang ramah lingkungan seringkali dianggap sebagai rumah yang mahal, menurut Alex Wilson, hal itu tidak benar. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat rumah menjadi ramah lingkungan dan malah lebih murah daripada membangun rumah secara standar.

Arsitek Angela Dean, penulis buku "Green by Design" mengatakan bahwa bahkan perubahan kecil dapat memiliki dampak yang besar. Dibawah ini ada banyak ide yang dapat anda pergunakan untuk mengubah rumah anda menjadi semakin ramah lingkungan, dan ide yang ada bukanlah ide yang susah sama sekali untuk di lakukan.

Lantai Bambu.

Selama ini kita mengenal lantai kayu, tapi bambu yang mampu lebih cepat untuk tumbuh kembali, sehingga mengurangi efek perusakan hutan. Bambu yang dilekatkan di papan akan memperlihatkan karakter yang mirip dengan kayu mahal. Harga papan seperti ini tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan papan kayu mahal aslinya, dan lapisan terakhir dari papan bambu ini lebih ramah lingkungan daripada lapisan untuk kayu yang biasanya adalah racun yang lumayan kuat. Bayangkan keuntungannya: Rumah tetap indah, lebih aman untuk ditinggali karena lebih aman dari racun, dan ramah lingkungan? Apalagi yang anda tunggu?

Atap Matahari.

Salah satu masalah yang muncul dari listrik yang dihasilkan oleh matahari adalah panel surya yang besar, yang tampak tidak pas jika dipasang di rumah tradisional. Sekarang anda dapat menggunakan panel surya sebagai bagian atap, karena adanya teknologi yang disebut thin-film triple-junction amorphous silicon. Sel surya ini dibentuk seperti genteng dan dapat dipasang seperti genteng pada umumnya, kemudian dipasangkan sebagai sumber tenaga rumah anda. Memang tidak seefektif panel surya konvensional, tapi dengan kondisi Indonesia yang kaya matahari, tidak diragukan lagi bahwa sumber tenaga ini akan mengurangi banyak sekali ketergantungan daya pada PLN. Mengurangi ketergantungan kepada PLN berarti akan mengurangi biaya dan beban PLN untuk menggunakan bahan bakar. Membantu anda menghemat uang, sekaligus ramah lingkungan, kenapa tidak?

Pemanas Air

Coba gunakan pemanas air yang memanaskan air pada saat dibutuhkan. Banyak rumah yang masih memiliki pemanas air yang memanaskan air secara terus menerus, dan menyimpan air panas sampai dengan 40-80 galon (200-400 liter air) secara terus menerus. Hal ini sangat tidak efektif dan akan menghabiskan banyak sekali bahan bakar. Kenapa tidak menggunakannya? dengan cara ini anda mendapatkan air hangat untuk mandi atau mencuci, dan jika dikombinasikan dengan pemanas matahari, tentunya akan sangat hemat energi dan ramah lingkungan.

Saklar Otomatis

Peneliti sudah mulai memikirkan cara agar kita tidak perlu lagi mematikan atau menyalakan lampu dalam rumah. Caranya adalah dengan menciptakan saklar otomatis yang mampu mematikan dan menyalakan lampu sendiri dengan cara mencari tanda-tanda keberadaan manusia di dalam ruangan. Model lama yang menggunakan sistem suara, dimana level tertentu akan menyalakan lampu, dianggap tidak pas, sehingga sistem yang ada sekarang menggunakan gabungan teknologi infra merah dan sinyal ultrasonik. Penggunaan saklar seperti ini, akan mengurangi kemalasan orang untuk memati-nyalakan saklar dan jelas sangat hemat energi.

Lampu Noen Bohlam

Lampu jenis ini ternyata menghemat sampai dengan 75 persen energi yang digunakan daripada lampu neon biasa, dan mulai dipergunakan pada awal 1980an, sedangkan di Indonesia, lampu ini banyak dijual sebagai lampu hemat energi. Sekarang ini lampu ini dapat menyala dengan sangat cepat dan tidak lagi berdengung. Belum lagi sekarang anda dapat menentukan sendiri warna sinar yang anda inginkan, selembut apa, ada pancaran tambahan warna apa, sangat mendukung bagi anda yang gemar tinggal di rumah yang nyaman. Seperti diatas, emisi lampu ini sangat sedikit mengeluarkan emisi dan juga hemat energi, jadi akan sangat membantu anda dalam menciptakan zona hijau di rumah anda.

sumber: kapanlagi.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "rumah ramah lingkungan"

Posting Komentar